Welcome to my blog..

Minggu, 16 Oktober 2011

Perangkat - perangkat penyusun CPU dan Fungsinya


Casing
Seperti yang kita lihat, casing adalah bagian komputer yang fungsinya untuk  menempatkan perangkat - perangkat komputer lainnya. Misalkan motherboard, vga card, sound card, I/O Audio, port USB, port mouse, port keyboard, DVD, Harddisk dan lain-lain. Tidak hanya itu casing juga berfungsi untuk melindungi bagian dalam pada CPU dari kotoran atau debu, dari benturan dengan benda lain, sehingga perangkat - perangkat lain yang ada di dalamanya akan aman dan tidak cepat rusak.Dan casing terkini juga berfungsi sebagai pendingin tambahan karena di lengkapi kipas pada casing tersebut.



Power Supply
Masih bagian dalam komputer, yang tersimpan dalam CPU yaitu power supply. Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap perangkat komputer yang lainnya agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX. Di dalam power supply juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard.



Processor + Heatsink fan
Processor merupakan bagian yang sangat penting dari komputer. Ia bisa diibaratkan sebagai otaknya komputer. Yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

 





Motherboard + lain -lain
 Seperti yang kita lihat Motherboard atau Mainboard (Mobo) adalah tempat dipasangkannya piranti - piranti lain seperti prosesor, memori, VGA card, port I/O, port USB, sound card dan lain - lain. Fungsinya sebagai Media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer.Yang terdapat di Motherboard ada slot RAM, Slot IDE,bios, slot PCI Express, transistor dll.
·    




Port Harddisk (tampak belakang)
Tampak atas
     Harddisk adalah komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat. Fungsinya sebagai media penyimpanan operation system (OS) yang digunakan pada komputer, sebagai salah satu alat booting computer dan sebagai media penyimpanan data terbesar dan secara permanen.


RAM (Random Access Memory)
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
Agar lebih mudah dipahami sebagai contoh, saat anda membuka membuka sebuah aplikasi misalnya seperti microsoft atau browser mozila firefox maka prosesor akan membuka program atau aplikasi tersebut dari hardisk dan kemudian akan meload nya ke memory atau RAM. begitulah kira kira pemahaman sederhana tentang fungsi memory atau RAM.


VGA Card
VGA (Video Graphic Adapter) Card berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi  tampilan grafik di layar monitor. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Cara memperbaiki kerusakan VGA Card:





DVD-RW
DVD RW adalah perangkat yang berbentuk kotak yang digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk disk dan bisa juga digunakan untuk memplay data yang telah kita simpan dimana perangkat ini tidak hanya bisa membaca file tetapi juga bisa untuk menyimpan file secara permanen dalam bentuk disc.






Kabel IDE
Kabel IDE, berfungsi menghubungkan Harddisk ataupun DVD ke Motherboard









CMOS battery dan Slot IDE
CMOS battery dan Slot IDE. Baterai CMOS adalah  benda kecil yg sering dilupakan orang, atau bahkan Anda belum mengenal benda yg satu ini. Memang karena baterai CMOS sudah menjadi bagian dari mainboard pada paket pembeliannya. Hal inilah yg membuat orang-orang tidak mengetahui apa itu baterai CMOS. Bentuknya yg kecil namun memiliki fungsi yang cukup penting bagi komputer .Fungsi utama baterai CMOS adalah untuk mensuplai tenaga bagi BIOS untuk melakukan settingan terhadap sebuah mainboard. Perlu Anda ketahui, BIOS merupakan sebuah aplikasi bawaan dari mainboard untuk dapat melakukan pengontrolan dan pendeteksian terhadap komponen-komponen lain yg terhubung ke mainboard (hardware lain).


Slot Jumper
Slot Jumper pada sebuah komputer sebenarnya adalah connector sirkuit elektrik yang digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik seperti motherboard komputer.
Fungsi Jumper ini dalam komputer digunakan untuk menyetting perlengkapan komputer sesuai dengan keperluan. Beruntunglah kita yang pada saat ini penyettingan lewat Jumper sudah mulai berkurang penggunaannya. Sebab, semua fungsi setting saat ini sudah menggunakan outo setting sehingga memudahkan pengguna atau perakit komputer untuk tidak banyak menggunakan Jumper.


Slot PCI
Slot PCI adalah (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.



Input/Output port
Port Mouse/PS2 dan Keyboard, port Printer/serial. port VGA/Monitor, port LAN, port USB dan Port Audio berfungsi sebagai piranti penghubung dengan perangkat yang lainnya, menghubungkan ke mouse, keyboard, printer, kabel LAN dll

Atas segala kekurangan ataupun kesalahan dalam penjelasan perangkat -perangkat dalam CPU, pribadi minta maaf jika belum terlalu faham dikarenakan masih/sedang belajar (pemula). Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


Tambahan: video overcloking AMD





Tidak ada komentar:

Posting Komentar